Selasa, 04 Februari 2014

Visi dan Misi Program Penjaminan Mutu Radiologi



Visi  memberi kerangka kerja yang menuntun suatu nilai dan kepercayaan organisasi. Pernyataan  visi dan misi  dari suatu organisasi  memainkan peranan penting dalam strategi  pengembangan kualitas. Visi dan Misi memberikan identitas organisasi  dan pemahaman terhadap arah yang ingin dicapai.
a.    Visi
Visi merupakan gambaran ideal yang ingin dicapai oleh organisasi dimasa yang akan datang dan tidak sama dengan perkiraan. Suatu pernyataan visi merupakan pernyataan  yang mendefinisikan apa yang diinginkan organisasi di masa yang akan datang. Suatu pernyataan visi yang didefinisikan  secara baik dan didokumentasikan  akan memberikan pemahaman  yang stabil tentang arah petunjuk bagi organisasi untuk berjalan dari waktu ke waktu melalui sejumlah perubahan  yang dilakukan agar  membuat visi organisasi itu  menjadi suatu kenyataan. Visi organisasi adalah suatu keadaan sempurna atau ideal  yang diinginkan dimasa yang akan datang, meskipun tidak akan pernah tercapai, tetapi orang-orang dalam organisasi tersebut  tidak akan pernah berhenti untuk mencapainya.
Berdasarkan uraian diatas, perenyataan visi organisasi harus memperhatikan hal-hal berikut :
§  Singkat, sederhana dan jelas
§  Menarik, mudah diingat
§  Sesuai dengan nilai-nilai organisasi
§  Terkait dengan kebutuhan pelanggan
§  Bersifat mendorong (melibatkan ) orang-orang untuk melaksanakannya
§  Inspirasional dan menantang
§  Memberikan arah dimasa yang akan datang
§  Tidak memiliki batas waktu
Contoh pernyataan visi  organisasi yang secara eksplisit memfokuskan pada kualitas produk : Ray Kroc, pendidri Mc Donald, yaitu : ” Kualitas, Pelayanan, Bersih , Nilai ” , contoh lain : ” Pelayanan prima denganbiaya terjangkau”. Perumusan visi kualitas dalam pelayanan radiologi  sebaiknya selalui mencakup aspek 3 D sebagaimana telah diuraikan diatas.
b.    Misi
Misi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang dapat ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang dapat diperoleh, serta aspirasi dan cita-cita di masa depan (Kotler et al., 1987). Dari pengertian tersebut terdapat lima unsur penting yang harus diingat dalam merumuskan misi, yaitu :
§  Produk apa atau pelayanan apa yang akan ditawarkan, misalnya pelayanan radiologi
§  Apakah produk atau pelayanan yang ditawarkan mampu memenuhi kebutuhan atau bahkan dicari karena selama ini belum tersedia, misalnya pelayanan CT Scan Multi Slice, dan sebagainya
§  Harus secara tegas menyatakan kelompok masyarakat tertentu. Misalnya : melayani pemeriksaan Angiocardiografi dan Kateterisasi jantung masyarakat Semarang, dan sebagainya.
§  Bagaimana kualitas barang atau pelayanan yang hendak ditawarkan. Misalnya Pelayanan pemeriksaan CT Scan dengan peralatan generasi mutakhir.
§  Aspirasi apa yang diinginkan di masa yang akan datang. Keuntungan apa yang dapat diperoleh masyarakat dengan produk atau pelayanan itu, akan lebih sehat, lebih berbobot dan sebagainya.
Perumusan Visi dan Misi merupakan pekerjaan yang tidak ringan. Visi dan Misi hendaknya dirumuskan oleh satu kelompok dan bukan satu orang. Pertanyaan-pertanyan disiapkan dalam satu formulir untuk dijawab, misalnya : Siapakah kita ? Kebutuhan-kebutuhan pemerksaan radiologi bagi masyarakat? Apa yang dapat kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut? Apakah falsafah dan nilai-nilai hakiki kita ? Apa yang membuat kita khas dan unik? dan sebagainya.
                 Peran, fungsi dan kedudukan Program Jaminan Mutu dalam Pelayanan Radiologi
Penjaminan kualitas dalam pelayanan radiologi dilaksanakan dengan program yang diorganisasikan untuk meningkatkan pelayanan pasien melalui penilaian obyektif  pelayanan pasien dan koreksi terhadap masalah-masalah yang dapat teridentifikasi. Hal ini merupakan suatu sistem menyeluruh yang memantau permintaan-permintaan pemeriksaan oleh dokter pengirim, menegelola pemeriksaan yang diminta, dan interpretasi akhir dari hasil pemeriksaan.
   Penjaminan mutu dalam radiologi adalah area dimana  secara tradisional tanggung jawabnya ada pada radiolog, mereka menetapkan untuk kesesuaian pemeriksaan radiologi dan ketepatan interpretasi hasil pemeriksaan. Ketika peran radiolog menjadi berkurang dalam bidang administrasi bagian radiologi, sebagai kompensasinya  diserahkan  perannya kepada administrator radiologi, radiolog cenderung menjadi konsultas bagi para staf medik. Administrator radiologi bertanggung jawab untuk merancang  telaah kualitas dan menyusun program untuk memecahkan adanya inefisiensi dan praktek-praktek yang tidak sesuai. Oleh karena itu Penjaminan Kualitas dalam pelayanan radiologi harus mencakup :
 1. Penjaminan bahwa pemeriksaan radiologi yang diminta sesuai dengan manajemen masalah klinik dari pasien.
 2. Penjaminan bahwa pemeriksaan radiologi  dilaksanakan secara efisien untuk memberikan  informasi diagnostik yang maksimum  dengan paparan radiasi yang minimum
 3.Penjaminan bahwa konsultasi radiologik diinterpretasi secara tepat.

Tujuan program penjaminan  kualitas adalah mendeteksi perubahan-perubahan dalam setiap faktor yang memperngaruhi radiograf dan pelayanan yang diberikan bagian radiologi  sebelum perubahan-perubahan diatas mengurangi mutu pelayanan pasien. Program penjaminan kualitas menjamin kualitas  radiograf dan pelayanan radiologi, dengan paparan radiasi yang minimum. Biaya pelaksanaan  program penjaminan kulaitas  harus minimum dibandingkan  dengan manfaat  bagi pasien dan utilisasi waktu personel.
Dapat disimpulkan bahwa  peran, fungsi ataupun kedudukan Program penjaminan  kualitas dalam pelayanan radiologi adalah :
a)Mendefinisikan lebih jauh komitmen pelayanan radiologi terhadap program penjaminan kulitas secara komprehensif
b)      Mendorong dan menjaga peningkatan dalam kualitas  pelayanan radiologi dan performa personel  agar selalu bersikap dan bertidak biaya efektif
c)Menjamin bahwa persyaratan yang berhubungan dengan penjaminan kualitas rumah sakit dapat dilaksanakan oleh pelayanan radiologi
d)     Menjamin komunikasi  dan pelaporan  diantara personel-personel radiologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar